BEKAM MALANG

Bekam alkaromah malang Di terapi langsung ahlinya pengobatan alternatif 


Bekam atau hijamah merupakan salah satu warisan pengobatan yang sudah ada di masa Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam dan menjadi salah satu pengobatan yang disarankan oleh beliau sebagai salah satu ikhtiar terhindar dari penyakit, maka bisa dikatakan bekam merupakan   living sunah untuk hidup sehat. Rasulullah Muhammad sudah melakukan bekam sesaat sebelum peristiwa Isra’Mi’raj “ Tidaklah aku melewati satu malaikat pada malam aku di Isra kan, kecuali mereka semua berkata kepadaku, “Lalukanlah hijamah wahai Muhammad.”

Bekam juga dapat mengurangi radikal bebas, sehingga dapat memperbaiki antioksidan yang akan membuat sel lebih baik lagi, dan sebagai anti aging, sehingga bekam kemudian menjadi pilihan wanita juga sebagai pilihan aestetika. Rasulullah pernah memberikan ilmu tentang bekam yang diriwayatkan Shuhaib “ Berbekamlah di tengah tengkuk karena hal itu dapat menyembuhkan 72 macam penyakit”



Sederhananya, bekam adalah terapi pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor dari tubuh. Ini adalah darah yang mengandung racun atau darah statis yang menyumbat peredaran darah.

Darah kotor yang tidak dikeluarkan dapat menyebabkan penyakit atau mengganggu kesehatan seseorang. Untuk mengantisipasi hal itu, bekam menjadi salah satu terapi kesehatan yang dianjurkan Rasulullah SAW, seperti disebutkan dalam hadits yang artinya:

“Sesungguhnya pengubatan yang paling ideal bagi kalian adalah hijamah (bekam)


Manfaat Bekam bagi Kesehatan
 


Bekam adalah terapi tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti melancarkan aliran darah ke kulit, meningkatkan toleransi nyeri, hingga dapat mengatasi berbagai penyakit. Berikut beberapa manfaat bekam bagi kesehatan tubuh, antara lain:

 

1. Meningkatkan Aliran Darah ke Kulit
 

Bekam dikenal sebagai terapi yang bisa meningkatkan aliran darah. Hal ini terbukti dari jurnal yang diterbitkan oleh Complementary Therapies in Clinical Practice. Jurnal tersebut menunjukkan bahwa terapi bekam mampu meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, serta melonggarkan jaringan di bawah area bekam. Ketika aliran darah di dalam tubuh lebih lancar, keluhan-keluhan penyakit pun dapat membaik secara alami.

 

2. Meningkatkan Toleransi Nyeri
 

Manfaat berikutnya dari terapi bekam adalah dapat meningkatkan toleransi nyeri. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kemampuan terapi bekam dalam meningkatkan aliran darah sehingga dapat mengurangi gejala nyeri.

 

4. Menjaga Sifat Biomekanik pada kulit
 

Terapi bekam juga diketahui dapat menjaga sifat biomekanik dalam kulit. Di mana, sifat tersebut dapat menjaga kesehatan kulit melalui kemampuannya dalam melindungi kulit dari serangan berbagai virus dan bakteri, serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

 

5. Mengobati Peradangan
 

Manfaat selanjutnya dari terapi bekam adalah mampu mengatasi penyakit yang disebabkan oleh peradangan di dalam tubuh, seperti arthritis. Terapi bekam diketahui dapat memberikan pengaruh positif terhadap penyakit radang sendi, keluhan nyeri, hingga kekakuan pada sendi.

 

6. Menurunkan Risiko Penyakit Asam Urat
 

Risiko penyakit asam urat diduga bisa menurun apabila seseorang rutin melakukan terapi bekam. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini. Hanya saja, penerapan pola hidup sehat tetap menjadi hal utama dalam mencegah penyakit asam urat.

 

7. Mengatasi Berbagai Penyakit


 


Terapi bekam juga diketahui dapat dijadikan sebagai terapi suportif untuk beberapa penyakit, seperti:

 

1. Kelainan darah, seperti anemia dan hemofilia.

2. Tekanan darah tinggi (hipertensi).

Migrain.

3.Nyeri otot di kaki, panggul, dan leher.

Varises.

3. Penyakit rematik.

4. Masalah kesuburan.

5. Penyumbatan bronkus, akibat asma atau alergi.

6. Gangguan sistem pencernaan (gastrointestinal), seperti irritable bowel syndrome.

 

Efek Samping Bekam
 

Terapi bekam dapat memicu munculnya tanda berbentuk bulat dan berwarna kemerahan pada permukaan kulit seperti memar. Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena tanda tersebut dapat menghilang dengan sendirinya dalam 1–2 minggu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TOTOK SYARAF JARI PETIR